Rusia…

Setelah selesai membaca buku “Kebangkitan Rusia – Peran Putin dan Eks KBG” karangan Simon Saragih, rasanya naas juga melihat keadaan Indonesia sekarang, yang sebenernya agak mirip kasusnya dengan apa yang dialami dengan Rusia di akhir dekade 1990-an. Sayangnya, Indonesia justru makin terpuruk setelah adanya era pergantian rezim di tahun 1998, berkat orang-orang jahat AS dan IMF yang ingin terus menjatuhkan negara-negara berkembang.

Satu hal penting yang terus mengiang di pikiran adalah masalah aset negara. Rusia bisa bangkit dari krisis ekonomi karena mampu mengembalikan kepemilikan aset-aset negaranya, terutama dari sektor migas, dari pihak swasta dan orang-orang asing, kembali ke tangan negara atau rakyatnya. Sementara, Indonesia…sepertinya intervensi asing justru semakin tak terbendung. Memang sepertinya gampang sekali melihatnya, bahwa pihak luar, terutama AS, sengaja menghancurkan Indonesia dengan merintisnya semenjak era orde baru. Mereka mampu menyetir negara kita dengan membiarkan negara kita berhutang di mana-mana, sampai suatu saat, negara kita mengalami krisis, dan tidak mampu lagi melunasi hutangnya. Kemudian, datanglah ‘sang penyelamat’ IMF yang dengan sejuta dalih nya mampu mensihir petinggi Indonesia, dan menerima bala bantuan IMF, yang sebenernya mendeskripskikan gali lubang tutup lubang.
Ketika roda perekonomian Indonesia mulai bergerak kembali, Indonesia butuh modal besar dari investor. Dan di sinilah kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena keberadaan investor asing – yang sebenernya hanya ingin memeras kekayaan negara kita – tidak dapat dihindari lagi. Pergerakan roda ekonomi negara menyangkut hajat hidup orang banyak, dan ini masalah kelangsungan kehidupan. Pemerintah, dengan sistem demokrasinya, tidaklah mungkin membiarkan rakyatnya hidup menderita. Berbagai opsi ditempuh, tapi sepertinya hanya untuk menutupi segala celah kekurangan yang ada. Ketimpangan antara yang kaya dan miskin semakin terlihat jelas di sini. Benar adanya, perekonomian kita semakin membaik, tapi tidaklah merata untuk seluruh rakyatnya. Kalangan atas semakin kaya dan kalangan bawah semakin terpuruk ke dalam jurang kemiskinan. Ya, inilah fakta yang sekarang dihadapi oleh pemerintah.

Sedikit sentilan yang cukup miris dari hari ini. Seharian aku perhatikan tayangan dari salah satu channel dari tv kabel, digital travel…di channel tersebut, berkali-kali aku perhatikan, banyak sekali tempat-tempat wisata di asia yang memikat. Pantai indah, arung jeram, museum, makanan, serta taman reservasi sekaligus tempat rekreasi, yang semuanya beraroma tropis…Berkali-kali iklan seperti itu muncul dalam setiap tayangan di channel tersebut…Aku sendiri sampai berpikir dalam hati, wah enak sekali seandainya bisa liburan ke tempat-tempat seperti itu… Di benakku, yang terbayang adalah tempat-tempat eksotis seperti di thailand, filipinna, china, atau Indonesia…Namun, begitu kagetnya aku, ternyata Malaysia lah yang gencar sekali mempromosikan tempat-tempat itu! Dengan slogannya Malaysia-trully Asia, aku terhenyak kaget…Dalam hati, aku geram bercampur kesal jg dengan orang-orang Indonesia…Kenapa kita tidak segencar mereka? Malaysia, yang luas negaranya tidak seberapa dari pulau jawa, mampu mempromosikan tempat wisatanya tersebut ke bermilyar pasang mata di dunia ini. Sementara, Indonesia, yang jelas memiliki tempat wisata yang aku percaya jauuuuuuuuuuuuuh lebih bagus dan lebih banyak dari itu, tidak ada satupun yang aku lihat iklannya. Mungkin ada, itupun hanya Bali…dan lagi-lagi Bali…

Aku jadi berpikir…mungkin kita malu mempromosikan tempat-tempat wisata seperti itu, karena sarana dan prasarana yang belum memadai di negara kita mungkin? Atau…mungkin kita tidak mampu menampung wisatawan yang datang dengan servis yg memuaskan? Atau mungkin, kita takut wisatawan yang datang justru kecewa karena tidak adanya fasilitas yang sesuai dengan standar international? Minimal, bahasa inggris yang memadai. Naas memang…padahal, negara ini begitu kaya…begitu kayanya…dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau…Sambung menyambung menjadi satu, itulah Indonesia Raya…

Advertisements

One thought on “Rusia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s