BBM Naik…rusuh, penting apa?

Yup! BBM akhirnya naik juga dengan angka kenaikan sekitar 27,8 %. Oke. Tapi, ternyata tetep aja subsidi pemerintah ke rakyat belum habis. Walaupun memang bisa mengurangi angka subsidi ke rakyat miskin. Rakyat miskin…hmmm ya…rakyat miskin, apakah dengan BBM Naik, lalu subsidi pemerintah ke rakyat berkurang, alisa beban pemerintah sedikit berkurang, lalu beban rakyat miskin juga bisa sedikit berkurang? Sepertinya belum. Belum, bukan berarti ‘tidak’. Dalam artian, masih ada peluang untuk ‘iya’.

Nggak perlu mendefinisikan rakyat miskin itu siapa atau kalangan mana. Biar saja, orang terkaya se Asia Tenggara pun tau, kalo dari 225 juta rakyat kita, 16.58% penduduknya masih berada di bawah garis kemiskinan (BPS No.38/07/Th.X,2 Juli 2007). Belum lagi rakyat yang masih tertahan kasus-kasus yang belum ada solusinya hingga kini, seperti kasus lumpur yang muncrat di sana-sini, kasus penyakit dengan sumber virus unggas, dan sebagainya.

Sementara kalau kita pikir-pikir, siapa siy yang tidak merasa susah ketika harga kebutuhan pokok naik, harga transportasi naik, harga ini, harga itu, naik semua? Yang jelas, akan terjadi impact terhadap cashflow atau keuangan masyarakat. Sampe sini, rasa-rasanya, kita sama sepakat kalau semua mengalami efek buruknya dari naeknya BBM ini (terlepas dari kaum2 kapitalis penikmat minyak dunia, yg dengan sangat menyesal harus dikatakan bahwa Indonesia, negara dengan cadangan migas yg besar, tidak termasuk kaum itu). Lalu, entah kenapa, orang yang sama-sama dibikin susah, justru saling sibuk dengan hal-hal yang ‘dirasa’ tidak penting. Kasus bentrok mahasiswa yang demo akibat BBM naik, dengan polisi, yang berujung dengan kerusuhan dan adanya tudingan tindakan anarkis. Media masa justru sibuk memberitakan pelanggaran HAM, penemuan narkoba di lingkungan kampus, tindakan mahasiswa yang mengganggu kepentingan publik, dsb…dsb…. Lalu, untuk apa semua ini?? Apa hubungannya dengan BBM yang naik? Bukankah, kedua belah pihak, mengikuti kesepakatan di atas, sama-sama dirugikan akibat BBM yang naik ini?

Penting apa? Apa penting? Apanya yang penting?!?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s