Reduksi (pertambahan) Penduduk dari SEKARANG!

Indonesia…dari dulu sampe sekarang, menurut informasi yang dapat dipercaya, memiliki grafik pertumbuhan penduduk yang eksponensial! Bayangkan…sementara di negera eropa, seperti jerman, pertumbuhan penduduknya sampai saat ini minus…

Salah satu permasalahan dunia sekarang yang sedang serius dibicarain yaitu masalah global warming… Hmmm…Kayaknya belum banyak orang yang bener2 serius (baca: sadar!) akan fenomena ini… Padahal, yang namanya green house effect atau efek rumah kaca itu dah dari sekolah dasar kita diajarin sama guru kita… Suhu bumi yang semakin hari semakin panas ini ternyata bukan hanya menyebabkan habitat alam yang musnah, tapi juga kemungkinan adanya manusia2 yang tidak mampu bertahan dengan keadaan sekitarnya. Manusia sendiri memiliki tingkat adaptasi ke lingkungan yang berbeda-beda dan tidak dapat disama-ratakan. Sementara, kita semua hidup di satu planet yang sama, yaitu Bumi – planet ketiga terdekat dari matahari, sebagai salah satu sumber panas di jagat raya ini.

Mari kita sama-sama mulai memikirkan pijakan kaki kita yang tidak bertambah dari hari ke hari ini. Sementara, kaki yang memijak semakin hari semakin bertambah dibandingkan pengurangannya. Lalu apa pengaruhnya? Ambil satu contoh yang paling mudah adalah kota Jakarta. Sebagai ibu kota negara Indonesia, jakarta memang merupakan kota yang paling maju, dilihat dari perekonomian, kehidupan masyarakatnya, budaya serta kehidupan beragamanya. Namun, dibalik semua itu, ternyata Jakarta juga salah satu kota dengan tingkat polusi dan kepadatan yang paling besar di negara Indonesia. Ada plus, dan ada minus. Apabila, seluruh aspek ditinjau dan diperhitungkan efek plus-minus nya, lalu bisakah Anda menebak apakah hasilnya? Hasil yang cenderung negatif ibarat kita berjalan di tempat, sementara waktu terus berputar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s